Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Memiliki Pohon Cabe Rawit Sendiri

Tidak sedikit kita temukan masakan tradisionil atau khas suatu daerah di Indonesia kerap kali memakai cabe rawit. Banyak yang memanfaatkan cabe rawit sebagai peningkat rasa pedas pada masakan atau makanan yang disajikan. Rasa pedas dari cabe rawit bukan hanya memberi rasa nikmat, tetapi juga dipercayai menambahkan selera makan. Berlainan dari tipe cabai lainnya, cabe rawit mempunyai ukuran cenderung lebih kecil dengan rasa yang lebih pedas, itulah salah satu keutamaan cabe rawit untuk masakan.

Pohon Cabe Rawit

Karena kerap kali dibutuhkan untuk menambah rasa masakan, tidak ada salahnya setiap rumah tangga seharusnya tahu mengenai langkah menanam pohon cabe rawit di pot atau polybag di dalam rumah. Langkah menanam cabe rawit di pot atau polybag mungkin sedikit asing untuk sejumlah besar orang. Walau sebenarnya, langkah menanam cabe rawit di dalam rumah ini gampang dikerjakan dan tidak memerlukan tempat yang luas.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Si Cabe Rawit

Ada baiknya sebelum menanam cabe rawit didalam atau perkarangan ruma, kita seharusnya mengenali dahulu tentang si kecil yang mempunyai rasa pedas ini. Tidak hanya di Indonesia, cabe rawit tumbuh dan terkenal sebagai bumbu masakan di beberapa negara Asia Tenggara yang lain juga lho.

Cabe rawit awalnya memiliki warna hijau, dan akan berganti warna menjadi merah saat masak. Walau kecil, tipe buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum ini dirasa punyai tingkat kepedasan yang tinggi. Menurut para ahli jika diukur, cabe rawit mempunyai tingkat kepedasan di antara 50.000 - 100.000 pada rasio Scoville.

Dalam satu cabe rawit mempunyai kandungan capsaicin yakni bahan kimia yang keluarkan rasa pedas pada cabe. Senyawa berikut yang diukur memakai rasio Scoville. Kecuali capsaicin, cabe rawit memiliki kandungan beberapa gizi yang bermanfaat untuk kesehatan badan. Seperti vitamin A, B6, C, E dan K. Disamping itu cabe rawit memiliki kandungan zat besi dan kalium.

Seperti yang kita ketahui bersama, dalam sekian tahun terakhir, harga cabai di Indonesia kerap alami fluktuasi atau turun naik. Banyak daerah justru alami kelangkaan cabe rawit. Ini pasti bikin rugi beberapa pemilik warung makanan atau ibu rumah-tangga yang paling memercayakan cabe rawit dalam masakan mereka.

Saat alami kelangkaan dan harga makin naik, cabe rawit telah seperti makanan eksklusif yang susah didapatkan. Permasalahan kelangkaan cabe rawit ini sesungguhnya dapat ditangani dengan menanam cabe rawit sendiri di dalam rumah.

Kalian semuanya tidak perlu harus sediakan tempat luas untuk menanam cabe rawit di dalam rumah. Karena di artikel ini kita akan saling berbagi dan menerangkan langkah mudah menanam cabe rawit di pot atau polybag.

Pilih Bibit Cabe Rawit yang Gampang Didapatkan

Ada baiknya sebelum ingin menanam cabe rawit di pot atau polybag, siapkanlah peralatan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Pertama-tama dan yang paling utama saat sebelum menanam cabe rawit di pot atau polybag ialah pilih bibit cabe rawit yang terbaik kalua bisa.

Untuk ibu-ibu rumah tangga, mungkin dapat memakai bibit cabe rawit cabai dari dapur atau beli cabe rawit yang telah tua di pasar agar tidak terlalu repot. Bila ingin membuat bibit cabe rawit yang gampang, tentukan cabai yang telah betul-betul tua.  Cirinya diantaranya adala Cabe rawit itu nampak terlihat fresh dan tidak kerutan. Sementara tangkainya masih warna hijau fresh. Tidak boleh membuat bibit dari cabe rawit yang tangkainya telah kering dan kulitnya kerutan. Walau warna kulitnya merah, bisa saja cabe rawit itu kelamaan tersimpan.

Jika kalian tidak ingin terlalu repot, bisa beli bibit pohon cabe rawit di toko pertanian atau pasar bunga dan di zaman digital saat ini juga bisa membeli lewat cara online seperti disitus paling terpercaya dan paling popular yaitu blibli.com disitu bisa dengan leluasa mau memakai bibit cabe rawit yang mana.

Posting Komentar untuk "Manfaat Memiliki Pohon Cabe Rawit Sendiri"